Menejemen Packing

Sanatomialah satu hal sepele yang sering dihiraukan oleh para pendaki adalah penataan tas atau packing.  Mungkin packing kerap dipandang sebelah mata oleh sebagian besar pendaki, utamanya pendaki baru. Namun apa jadinya bilamana kita mengesampingkan hal ini?

Packing merupakan suatu hal yang penting pada sebuah expedisi. Packing juga menentukan watak seorang traveler. Banyak manfaat dari packing itu sendiri. Antara lain, memudahkan kita saat kita mencari sesuatu di dalam tas, meringankan beban tas, dan masih banyak lagi.

Berikut akan kami sajikan tips menata tas atau carrier yang baik dan benar.dekatkan

  1. Persiapkan barang – barang anda, dekatkan, kumpulkan, agar memudahkan dalam penataaan.
  2. Ambil trash bag (plastik sampah yang besar), masukkan ke dalam carrier, bentuk ia mengikuti lekuk carrier. Kegunaan dari trash bag itu sendiri lebih kepada mengantisipasi bila turun hujan pada saat pendakian, membantu melindungi barang bawaan anda agar tetap kering.
  3. Masukkan matras dengan membaginya menjadi dua bagian terlebih dahulu. Tutup media yang kasar, agar wajah yang menghadap ke dalam adalah media yang halus. Kegunaan dari matras tersebut agar carrier dapat berdiri tegak, juga meg-cover barang bawaan agar aman.
  4. Isi bagian paling bawah carrier dengan dome atau tenda yang dipisahkan dari framenya dan dilipat menjadi kecil. Frame diletakkan berdiri di sela-sela matras. Namun, bila tidak membawa dome, isi bagian bawah dengan sleeping bag (kantung tidur) yang di bungkus dengan plastik terlebih dahulu.
  5. Masukkan jaket bersandingan dengan sleeping bag, bisa diletakkan di sampingnya, maupun di atasnya. Jangan lupa untuk membungkusnya ke dalam plastik terlebih dahulu.
  6. Masukkan pakaian ganti, jika ada. Jangan lupa untuk membungkusnya ke dalam plastik.
  7. Memasuki bagian tengah tas, kita isi dengan alat makan,kompor, nasting, makanan dan minuman yang juga masing-masing dibungkus dengan plastik.
  8. Hingga tiba ke bagian atas tas. Kita dapat mengisinya dengan p3k dan barang-barang yang sering digunakan. Untuk penutup kepala, sarung tangan, syal, dan lain sebagainya, juga bisa diletakkan di bagian atas.
  9. letakkan ponco atau jas hujan pada penutup tas. Begitupula dengan senter dan juga rain cover / cover bag (bagi yang tasnya terpisah dengan rain covernya).
  10. Kencangkan tali-temali yang ada, samakan antara sisi satu dengan sisi yang lainnya. Itu juga akan membantu meringankan beban.

Baik. Dari tips di atas, kita sering menyebutkan “jangan lupa membungkusnya dengan plastik”. Mengapa?  Jawabanya, agar terjaga dari air (bila hujan), serta memudahkan anda untuk menemukan barang yang anda inginkan (karena sudah dikelompokkan).